Kamis, 24 Mei 2012

Dakwah Menguntungkan?


RESENSI  BUKU

Dakwah  Menguntungkan?

Judul buku   : 100% Da’wah  Keren!
Pengarang    : Shofwan Al Banna
Penerbit       : Pro-U Media
Penyunting   : Yusuf Maulana
Cetakan I     : Juli 2007
Tebal           : 220 halaman


Selama ini banyak orang menganggap bahwa berdakwah membuang-buang waktu dan merugikan. Berdakwah terkesan sangat berat dilakukan apalagi di tengah-tengah zaman globalisasi seperti ini. Orang-orang cenderung sibuk dengan rutinitasnya masing-masing. Padahal berdakwah adalah salah satu kewajiban kaum muslimin. Apa jadinya jika tidak ada orang yang berdakwah di dunia?, Tentu dunia akan hancur karena semakin merosotnya moral umat manusia.

Dalam buku ini, Shofwan Al Banna, penulis buku best seller “100% Da’wah Keren!”, mengungkapkan keuntungan, cara dan ide-ide kreatif seputar dakwah. Shofwan menuturkan bahwa dalam kegiatan berdakwah, seseorang akan membangun karakter dan skillnya. Seorang aktivis dakwah tentu harus memiliki sifat-sifat yang baik. Kemampuan mengatur suatu forum dakwah tentu sangat dibutuhkan. Apabila kemempuan mengatur atau kemampuan manajerial dengan sifat-sifat yang baik itu dibiasakan, maka akan terbentuk jiwa kepemimpinan (leadership). Dengan adanya jiwa kepemimpinan itulah, kita dapat hidup mandiri dan dapat mengatur segala sesuatu dengan baik. Menyerukan kebaikan melalui dakwah tidak hanya menguntungkan selama berada di dunia tetapi juga di akhirat karena mendapatkan pahala dari Allah SWT. Melalui buku ini, Shofwan juga menuangkan ide-ide kreatif mengenai cara berdakwah. Sehingga dakwah tidak terkesan biasa-biasa saja dan membosankan. Masalah pendanaan yang terkadang menjadi kendala utama dalam dakwah, menjadi mudah untuk dibahas. Karena ada beberapa solusi untuk mendapatkan dana tersebut. Diantaranya dengan mengajukan proposal, bisnis kecil-kecilan, dakwah media dan masih banyak lagi.

Buku ini layak dibaca tidak hanya untuk para aktivis dakwah tapi juga bagi orang yang sama sekali tidak tertarik dengan dakwah. Dengan bahasa yang komunikatif bagi anak muda, karya shofwan ini terkesan ringan tapi berisi. Kover, halaman dan isinyapun menarik, tidak monoton sehingga tidak membuat pembaca jenuh. Apalagi tidak hanya bahasa Indonesia saja yang digunakan tapi ada sedikit tambahan variasi dari bahasa Arab dan bahasa Ingris. Namun satu yang disayangkan karena halamannya mudah robek. Kehadiran buku ini tentu diharapkan dapat menginspirasi banyak orang untuk menyerukan kebaikan di tengah arus modernisasi. Utamanya bagi anak-anak muda generasi pembaharu bangsa.

***ARFU***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar